Turbocharger
Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang
sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin
pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan
tekanan udara yang memasuki mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah
mereka menawarkan sebuah peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin
hanya dengan sedikit menambah berat.
Sebuah kerugian
dalam mesin bensin adalah rasio
kompresi harus
direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking
mesin) yang
menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini
tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus.
Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah
turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari
kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini membuat mesin
pesawat dengan
turbocharger sangat menguntungkan; dan merupakan awal pemikiran untuk pengembangan
alat ini.
Komponen mesin
ini memiliki tiga bagian penting: roda turbin, roda kompressor dan rumah as.
Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar memanfaatkan tekanan gas buang
keluar, kemudian melalui as terputarnya roda turbin ini berputar pula roda kompressor
dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam massa yang padat. Mengingat komponen ini
sering berputar melebihi 80,000 putaran per menit maka pelumasan yang baik
sangat diperlukan.
Supercharger
Supercharger (juga dikenal dengan blower), adalah sebuah kompresor
gas digunakan
untuk memompa udara ke silinder mesin
pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke
silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan
meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga.
Sebuah supercharger ditenagai secara mekanik oleh tali- atau rantai-penarik dari
crankshaft mesin.
Supercharger
mirip dengan turbocharger, tetapi
turbocharger ditenagai oleh arus gas keluaran mesin yang mendorong turbin. Supercharger dapat menyerap sebanyak sepertiga tenaga
crankshaft mesin dan dalam banyak aplikasi kurang efisien daripada
turbocharger. Dalam aplikasi di mana tenaga besar lebih penting dari
pertimbangan lain, seperti dragster
top fuel dan kendaraan
digunakan dalam kompetisi tractor
pull, supercharger
sangat umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar